Saturday, October 27, 2012

HAL YANG MENARIK DARI PENGOBATAN TBC


Kita tentu tahu tentang cara pengobatan TB. Pengobatan TB dilakukan dalam 2 fase (6 bulan), yaitu fase intensif (2 bulan) dan fase lanjutan (4 bulan). Pada fase lanjutan pasien TB diberi obat 3 kali dalam seminggu. Biasanya dilakukan pada hari senin, rabu, dan jumat. Ada hal aneh pada pengobatan TB jarak antara jumat dan senin yaitu 3 hari, sedangkan jarak antara senin dan rabu atau rabu dan jumat selama 2 hari. Pertanyaannya adalah apakah tidak membuat resisten kuman TB terhadap obat tersebut?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya sudah bertanya, mulai dari puskesmas sampai ke rumah sakit yang besar. Tapi tidak ada yang tahu tentang jawaban dari pertanyaan tersebut. Apakah anda tahu?
            Setelah selama 2 minggu saya mencari jawabannya, akhirnya saya menemukan jawabannya di internet. Di dalam pengobatan TB, saat kuman TB kontak dengan obat TB maka akan melemah selama 2 sampai 3 hari, fase melemahnya kuman ini disebut lagphase. Dari fase inilah diambil pengobatan intermiten selama 3 kali seminggu.

No comments: