Thursday, April 18, 2013

PROSES PENYEMBUHAN LUKA

Luka/injuri bisa disebabkan oleh berbagai macam, seperti karena bahan kimia, benda tajam / benda tumpul, dan luka bakar. Penyembuhan dari luka itu sendiri dipengaruhi oleh 6 faktor, yaitu:
1. Kedalaman
2. Ukuran
3. Jenis Luka
4. Lokasi Luka
5. Infeksi
6. Kesehatan pasien dan usia
 Peran perawat di sini adalah menjaga kesterilan dalam proses penyembuhan luka dengan melakukan perawatan luka. Dengan menjaga luka agar tetap steril maka tidak akan ada infeksi kuman, dan tubuh akan cepat memperbaiki daerah luka tersebut. Proses penyembuhan luka dibagi menjadi 4 tahap, yaitu:

1. Hemostasis :
Proses penutupan perdarahan, tubuh akan berespon jika ada luka dengan melakukan fasokontriksi pembuluh darah, dan pembekuan darah untuk menutup luka. Proses ini berlangsung selama beberapa hari.

2. Inflamation:
Proses peradangan, yang terjadi dari proses peradangan yaitu proses penghilangan bakteri, dan zat - zat yang tidak diperlukan tubuh yang ada di dalam luka, tanda - tanda radang ada 5 yaitu: tumor (terdapat benjolan dikarenakan permaebilitas kapiler yang meningkat), rubor (merah), dolor (nyeri), kalor (panas), fungtio laesa (perubahan fungsi).

3. Proliferation:
Proses penyatuan kembali jaringan yang terbuka. Yang berperan penting dari proses ini adalah fibroblast dan kolagen.

4. Maturation
Disebut juga sebagai fase reodelling

Untuk lebih jelasnya silahkan download video proses penyembuhan luka. Klik Di Sini.
Post a Comment