Friday, April 12, 2013

Berbagai Macam Alat Kontrasepsi dan Video Penyuluhan Keluarga Berencana (KB)

Kontrasepsi adalah cara yang digunakan untuk mencegah berteunya sel telur dan sperma. Cara kontrasepsi ada tiga yaitu:
1. Kontrasepsi Sederahan
2. Kontrasepsi Permanen
3. Kontrasepsi Non-permanen

A. KONTRASEPSI SEDERHANA
Kontrasepsi sederhana bisa dilakukan secara alami atau menggunakan alat. untuk yang alami bisa dilakukan dengan cara kalender, pengukuran suhu tubuh, dan senggama terputus. Sedangkan yang menggunakan alat bisa digunakan kondom. cara kalender digunakan untuk mengetahui masa kesuburan kita. Hari pertama menstruasi dihitung sebagai hari pertama siklus. pada hari ke14 hingga hari ke21 adalah masa subur wanita. jadi hidari berhubungan pada hari itu. Kekurangan dari metode ini yaitu, tidak cocok untuk wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur.
Cara pengukuran suhu tubuh, dilakukan dengan cara memeriksa suhu tubuh untuk memprediksi kesuburan wanita. Masa kesuburan ini diawali dengan menurunnya suhu tubuh kemudian mengalami kenaikan secara tajam. Metode ini kurang efektif karena membutuhkan kesabaran, keuletan, dan kurang praktis.
Cara selanjutnya adalah cara senggama terputus. Dilakukan dengan cara pengeluaran penis dari vagina saat hampir ejakulasi hingga sprema tidak masuk ke dalam vagina. Kontrasepsi selanjutnya adalah kondom. Kondom digunakan pada penis yang sedang ereksi sebelum adanya kontak dengan vagina sebelum bersenggama. Kondom terbuat dari karet. Jadi kita harus memperhatikan bahan baku dari kondom tersebut karena beberapa orang ada yang alergi dengan karet. Kondom yang telah dipakai tidak boleh dipakai lagi

B. KONTRASEPSI NON- PERMANEN
Kontrasepsi non-permanen terdiri dari:
1. Pil
2. AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim)
3. AKBK (Alat Kontrasepsi Bawah Kulit)
4. Suntik.

Berikut adalah video penyuluhan tentang alat kontrasepsi dan penjelasannya, semoga bermanfaat. Silahkan Klik Di Sini

No comments: